Tautan-tautan Akses

UE akan Berlakukan Tarif Baru terhadap Produk AS


Seorang pekerja di pabrik baja Thyssenkrupp di Duisburg, Jerman, 27 April 2018.
Seorang pekerja di pabrik baja Thyssenkrupp di Duisburg, Jerman, 27 April 2018.

Uni Eropa, Jumat (22/6/2018), akan menerapkan tarif baru terhadap berbagai produk Amerika yang bernilai miliaran dolar, termasuk jeans, wiski dan sepeda motor.

Tindakan ini merupakan pembalasan terbaru terhadap keputusan Presiden Amerika Donald Trump untuk menerapkan bea impor terhadap baja dan aluminium dari seluruh dunia.

Amerika dijadwalkan menerapkan bea masuk terhadap impor China bernilai lebih dari $30 miliar dalam dua pekan ini.

China telah menjanjikan tindakan balasan segera, suatu langkah yang akan membuat dua ekonomi terbesar di dunia itu berselisih.

John Murphy, wakil presiden senior di Kamar Dagang Amerika, memperkirakan produk Amerika senilai $75 miliar dapat dikenai tarif baru bea impor oleh negara-negara lain pada akhir Juli.

“Amerika menyalahgunakan metode penetapan tarif dan memulai perang dagang di seluruh dunia,” kata seorang juru bicara Kementerian Perdagangan China.

“Masih kurang jelas seberapa jauh ini akan berlangsung antara Amerika Serikat dan China dan potensi efeknya bagi perdagangan dunia,” kata analis Mike van Dulken.

Semasa kampanye kepresidenannya, Trump berjanji akan menerapkan bea impor karena ia mengatakan negara-negara di seluruh dunia telah mengeksploitasi Amerika. [uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG