Tautan-tautan Akses

Turnamen Pencak Silat Pertama Sukses Digelar di AS


Turnamen pencak silat pertama di AS digelar di Kota Sterling, Virginia, 22 Juni 2019.(Foto: Rere Wahyudi/VOA).jpg

Seni beladiri pencak silat semakin mendunia setelah untuk pertama kalinya USA Pencak Silat Federation atau federasi Pencak Silat AS menggelar turnamen pencak silat bertaraf Internasional “USA Pencak Silat Open Tournament” di Amerika Serikat.

Turnamen yang diadakan di Kota Sterling, negara bagian Virginia, itu bertepatan dengan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Amerika Serikat. Berbagai perguruan pencak silat dari beberapa negara bagian AS, seperti Virginia, Maryland maupun New York, ikut berpartisipasi di turnamen itu. Selain itu, tim nasional pencak silat Singapura dan ketua pencak silat Jepang juga turut hadir.

Kompetisi yang digelar pada 22 Juni lalu dibuka oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk AS Mahendra Siregar.

“Pertandingan pertama kali di Amerika sebagai pertandingan internasional. Harapan besar untuk berlanjut setiap tahunnya,” kata Mahendra.

Turnamen pencak silat ini mempertandingkan beberapa kelas. Mulai dari kelas anak-anak hingga dewasa, baik untuk kategori putra maupun putri. Meski membutuhkan waktu persiapan yang cukup lama dan ada beberapa tim dari negara lain berhalangan hadir karena masalah visa, turnamen ini berlangsung dengan sukses hingga acara ini berakhir.

Para pesilat AS saat berlaga di “USA Pencak Silat Open Tournament”, di Kota Sterling, Virginia, 22 Juni 2019. (Foto: Yogi Leksono/VOA)
Para pesilat AS saat berlaga di “USA Pencak Silat Open Tournament”, di Kota Sterling, Virginia, 22 Juni 2019. (Foto: Yogi Leksono/VOA)

Ketua USA Pencak Silat Federation Wona Sumantri sangat berharap agar acara ini kedepan bisa berlangsung lebih baik.

“Diharapkan setiap tahun diadakan secara rutin, termasuk mengirim undangan ke perguruan-perguruan di Amerika maupun di negara-negara lainnya lebih awal,” kata Wona Sumantri yang juga ketua penyelenggara turnamen tersebut.

“Kami mempersiapkan turnamen ini sekitar 6 bulan hingga siap digelar dan sejauh ini acaranya berjalan dengan lancar,” tambah Abdul Malik, Wakil ketua USA Pencak Silat Federation.

Kontingen Singapura yang hadir dengan membawa beberapa atlet juara dunia, peraih medali di Asian Games maupun Sea Games, berhasil menjadi juara umum di turnamen ini.

Singapura membawa tim lengkap 32 orang, 22 atlet, kata Sheik Alau'ddin Yacoob Marican, ketua tim pencak silat Singapura.

“Persiapan kami sangat baik, Kami berlatih setiap saat tidak hanya untuk turnamen ini saja tetapi juga untuk turnamen lainnya,” kata Sheik Alau'ddin Yacoob Marican.

Hingga klasemen akhir, tim pencak silat Singapura mengantongi 15 emas, 1 perak dan 1 perunggu, tim Virginia memperoleh 6 emas, 12 perak dan 18 perunggu. Tim Maryland memperoleh 5 emas dan 4 perak, sementara tim New York memperoleh 4 emas, 8 perak and 6 perunggu. [yl/rw]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG