Tautan-tautan Akses

Turki: Serangan Milisi Kurdi Tewaskan 10 Orang di Al-Bab Suriah


Beberapa tentara Turki berjaga di sebuah pos pengamatan di penyeberangan Atmeh di perbatasan Turki-Suriah, tampak dari Provinsi Idlib, Suriah, 31 Mei 2019. (Foto: Khalil Ashawi/Reuters)
Beberapa tentara Turki berjaga di sebuah pos pengamatan di penyeberangan Atmeh di perbatasan Turki-Suriah, tampak dari Provinsi Idlib, Suriah, 31 Mei 2019. (Foto: Khalil Ashawi/Reuters)

Kementerian Pertahanan Turki mengatakan, Sabtu (16/11), sebuah serangan bom mobil yang dilakukan oleh pejuang Kurdi Suriah telah menewaskan 10 orang dan melukai lebih dari 15 di kota perbatasan Al-Bab di Suriah Utara. Kota tersebut telah direbut pasukan Turki dalam serangan tahun 2016.

Kantor berita Turki, Anadolu, yang dikelola pemerintah mengatakan 18 orang tewas dan sedikitnya 30 lainnya terluka dalam serangan itu. Dikatakan pula, beberapa mobil dan bangunan di sekitar ledakan itu juga telah rusak.

Turki dan sekutu pemberontak Suriah sejauh ini telah melancarkan tiga serangan terpisah di Suriah Utara terhadap ISIS dan milisi Kurdi, merebut daerah di sepanjang perbatasannya. Mereka meluncurkan serangan lain terhadap Kurdi di Suriah Timur Laut pada bulan lalu.

Ankara memandang milisi Kurdi, komponen utama Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang didukung AS, sebagai kelompok teroris yang terkait dengan Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang dilarang yang telah melakukan pemberontakan selama puluhan tahun di Turki.

Dalam sebuah pernyataan di Twitter, Kementerian Pertahanan mengatakan Kurdi telah meledakkan bom mobil di terminal bus Al-Bab, menewaskan 10 orang.

"Teroris yang tidak manusiawi dan tidak beradab PKK/YPG terus menargetkan warga sipil tak berdosa menggunakan metode yang sama seperti DAESH (ISIS)," kata kementerian itu.

Serangan terbaru Turki dikutuk oleh sekutu Barat Ankara, yang mengatakan serangan itu dapat menghambat perang melawan ISIS di Suriah. Turki telah menepis kekhawatiran tersebut dengan mengatakan akan terus memerangi ISIS. [ah]

XS
SM
MD
LG