Tautan-tautan Akses

Suriah, Misil Rusia Jadi Agenda Pembicaraan Trump-Erdogan


Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (kiri) bersama Preiden AS Donald Trump di KTT G20, Osaka, Jepang, 29 JUni 2019. (Foto: dok).
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (kiri) bersama Preiden AS Donald Trump di KTT G20, Osaka, Jepang, 29 JUni 2019. (Foto: dok).

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan akan mengunjungi Gedung Putih, Rabu (13/11), untuk melangsungkan pembicaraan dengan Presiden AS Donald Trump. Kedua pemimpin kemungkinan akan membahas serangan Turki di Suriah Utara dan pembelian sistem pertahanan udara Rusia.

Menurut pernyataan yang dirilis Gedung Putih, agenda Rabu (13/11) termasuk konferensi pers bersama pada sore harinya.

AS dan sekutu-sekutu NATO lain telah mengungkapkan keprihatinan mereka mengenai rencana Turki membeli sistem misil S-400 Rusia. Mereka mengatakan, sistem itu tidak sesuai dengan sistem pertahanan NATO dan merupakan ancaman bagi program jet tempur Amerika F-35.

Sebagai tanggapan atas rencana itu, AS memberlakukan embargo pembelian jet tempur terbaru Amerika itu.

Seorang pejabat tinggi AS, yang berbicara kepada wartawan menjelang kunjungan Erdogan, mengatakan, isu sistem misil adalah salah satu topik yang akan dibahas langsung oleh Trump dalam pembicaraan dengan Turki.

Juru bicara Erdogan Fahrettin Altun mengatakan melalui Twitter, Turki telah secara jelas mengungkap alasannya membeli misil Rusia. [ab/lt]

XS
SM
MD
LG