Tautan-tautan Akses

Turki Dikabarkan Punya Rekaman Suara Khashoggi


Bendera Arab Saudi tampak dari balik kawat berduri di atas atap konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, Sabtu, 13 Oktober 2018.
Bendera Arab Saudi tampak dari balik kawat berduri di atas atap konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, Sabtu, 13 Oktober 2018.

Pejabat Turki punya rekaman audio jurnalis Jamal Khashoggi yang diduga dibunuh. Rekaman tersebut berasal dari jam tangan Apple yang dikenakan Khashoggi ketika masuk konsulat Saudi di Istanbul lebih dari seminggu yang lalu, kantor berita Associated Press melaporkan, mengutip pemberitaan harian Turki pro-pemerintah, Sabtu (13/10).

Klaim baru ini yang diterbitkan oleh harian Sabah, yang menerima bocoran dari pejabat keamanan Turki, makin memperbesar tekanan terhadap Arab Saudi untuk memberi penjelasan apa yang terjadi atas diri Khashoggi.

Juga Sabtu, diplomat senior Ankara menyerukan kembali kepada Arab Saudi agar membuka konsulat dimana Khashoggi hilang, sehingga pejabat Turki bisa melakukan pencarian.

Penulis Jamal Khashoggi yang menulis secara kritis tentang Putra Mahkota Mohammed bin Salman menghilang setelah dia masuk ke konsulat pada 2 Oktober. Kerajaan Saudi mengatakan, tuduhan itu tidak berdasar, meskipun seorang pejabat dini hari Sabtu mengakui untuk pertama kalinya bahwa ada yang berpendapat penulis itu dibunuh oleh kerajaan Saudi.

Hilangnya Khashoggi menimbulkan tekanan terhadap Presiden Donald Trump yang punya hubungan dekat dengan pihak Saudi sejak menjabat.

Pada Sabtu, Trump mengungkapkan keprihatinannya dengan nasib Khashoggi serta tidak diperolehnya jawaban, beberapa hari setelah jurnalis itu hilang. [jm]

XS
SM
MD
LG