Tautan-tautan Akses

Turki Akui Pertemuan Rahasia dengan Menteri Israel


Menlu Turki, Ahmet Davutoglu bertemu dengan Menteri Perdagangan Israel Benjamin Ben-Eliezer di Brussels Rabu.

Seorang pejabat Turki telah mengukuhkan menteri luar negeri negara itu mengadakan pertemuan rahasia dengan seorang menteri Israel pekan ini dalam usaha untuk memperbaiki hubungan bilateral yang rusak.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri Turki Burak Ozugergin mengatakan Menteri Luar negeri Ahmet Davutoglu bertemu dengan Menteri Perdagangan dan Perindustrian Israel Benjamin Ben-Eliezer di Brussels hari Rabu. Pertemuan itu terungkap kepada umum ketika dilaporkan oleh televisi Israel.

Ozugergin mengatakan Davutoglu menyatakan lagi langkah-langkah yang dikehendaki Turki diambil oleh Israel untuk memperbaiki hubungan yang menurun ke titik terendah baru setelah komando Israel menggrebek sebuah kapal Turki yang memimpin beberapa kapal yang memuat bahan bantuan untuk Gaza. Delapan aktivis Turki dan seorang warga Amerika keturunan Turki tewas dalam penggrebekan tanggal 31 Mei itu.

Turki menghendaki Israel meminta maaf atas penggrebekan itu, memberi ganti-rugi kepada para keluarga orang-orang yang tewas, menyetujui penyelidikan internasional mengenai insiden itu dan mencabut blokade Gaza.

Israel sedang melakukan penyelidikannya sendiri mengenai penggrebekan itu. Dikatakannya, satuan komando yang menaiki kapal Turki itu melepaskan tembakan hanya setelah diserang oleh para aktivis dengan membawa belati dan pentung.

Amerika menyambut baik pembicaraan itu, dengan mengatakan kedua sekutu itu telah memainkan peran yang sangat berharga dengan bekerja-sama.

XS
SM
MD
LG