Tautan-tautan Akses

Netanyahu: Israel Tak Akan Minta Maaf atas Insiden Gaza


Perdana Menteri Israel ini juga menolak gagasan untuk membayar ganti rugi akibat serangan negaranya terhadap kapal bantuan Gaza.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan Israel tidak akan meminta maaf atas serbuan pasukannya pada tanggal 31 Mei di atas kapal yang membawa bantuan untuk Gaza yang menewaskan sembilan aktivis pro-Palestina.

Dalam komentarnya hari ini kepada televisi pemerintah Israel Channel 1, Netanyahu mengatakan Israel tidak bisa minta maaf karena tentaranya harus mempertahankan diri guna menghindari "dihukum mati." Namun, ia menyatakan, Israel menyesalkan jatuhnya korban jiwa dalam serangan itu.

Netanyahu juga menolak gagasan bahwa Israel akan membayar ganti rugi kepada Turki atas tewasnya sembilan warga Turki akibat serangan Israel itu. Turki mendesak Israel agar meminta maaf atas serangan itu.

Komando Israel naik ke kapal milik Turki Mavi Marmara, yang memimpin konvoi kecil guna menerobos blokade Israel dan memberi bantuan ke Jalur Gaza. Israel mengatakan pasukannya melepas tembakan di atas kapal itu setelah diserang.

Serangan Israel itu menuai kemarahan internasional dari negara-negara seperti Turki, yang mengancam memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel.

XS
SM
MD
LG