Tautan-tautan Akses

Turki akan Tangkap 82 Orang Terkait Protes Pro-Kurdi 6 Tahun Lalu


Tentara Turki berjaga di depan Penjara Silivri dan kompleks Gedung Pengadilan di Silivri, dekat Istanbul, 18 Februari 2020. (Foto: Ozan KOSE / AFP)

Pihak berwenang Turki, Jumat (25/9), mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap 82 orang, termasuk seorang wali kota, terkait protes pro-Kurdi enam tahun lalu,

Surat itu terkait sebuah demonstrasi Oktober 2014 di Turki yang dipicu oleh perebutan kontrol atas kota Kobane di Suriah oleh ISIS. Kobane adalah kota yang mayoritas warganya keturunan Kurdi.

Kantor Kejaksaan Ankara tidak secara spesifik mengungkapkan, pelanggaran apa yang telah dilakukan masing-masing dari 82 orang tersebut. Para tersangka yang diburu itu sedang dilacak di ibu kota, Ankara, dan enam provinsi lainnya.

Kejahatan yang dilakukan para tersangka, menurut kantor itu, mencakup pembunuhan, percobaan pembunuhan, pencurian, perusakan properti, penjarahan, pembakaran bendera Turki, dan serangan terhadap 326 petugas keamanan dan 435 warga Turki.

Menurut harian Hurriyet, kantor kejaksaan juga mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap wali kota Kars, Ayhan Bilgen. Bilgen yang memenangkan kursi wali kota pada pilkada 2019 merupakan perwakilan Partai Demokrasi Rakyat (HDP) yang pro-Kurdi. HDP merupakan partai oposisi terbesar ke-2 di parlemen Turki.

Pemerintah Turki menuduh HDP sebagai kepanjangan tangan Partai Pekerja Kurdistan yang telah lama dianggap terlarang karena melakukan pemberontakan terhadap pemerintah sejak 1984. HDP membantah tudingan tersebut.

Ini bukan kali pertama, pihak berwenang Turki menangkap wali kota yang berafiliasi politik dengan HDP. Dari total 65 wali kota HDP yang terpilih kembali pada pilkada 2019, 47 di antaranya kini telah digantikan para pejabat bukan hasil pemilihan. Beberapa wali kota itu ditahan atas tuduhan terkait aksi terorisme. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG