Tautan-tautan Akses

Tuntutan Guru di Los Angeles Dikabulkan, Pemogokan Berakhir


Guru-guru di Los Angeles yang berunjuk rasa didampingi orang tua murid dan para murid di depan SD Evelyn Thurman Gratts, Los Angeles, 22 Januari 2019 (foto: AP Photo/Richard Vogel)

Kira-kira 30,000 orang guru di kawasan distrik Los Angeles hari Selasa mencapai kata sepakat dengan pemerintah setempat untuk mengakhiri pemogokan yang telah berlangsung satu minggu, dan akan kembali mengajar hari Rabu.

Para guru itu, yang didukung oleh puluhan ribu orang tua murid, mengadakan mogok mulai tanggal 14 Januari untuk menuntut kenaikan gaji, jumlah murid yang lebih sedikit dalam tiap kelas dan ditambahnya staf pembantu guru.

Kata sepakat itu termasuk kenaikan gaji enam persen, dan janji pemerintah akan mengurangi jumlah murid per kelas dalam waktu empat tahun. Rincian kesepakatan itu akan diumumkan kemudian.

Keluhan paling besar para guru itu adalah banyaknya murid yang harus diajar dalam tiap kelas, sehingga sebagian murid terpaksa duduk di lantai atau di ambang jendela karena kurangnya bangku sekolah.

Distrik sekolah Los Angeles adalah yang kedua besarnya di Amerika dan punya 600,000 murid dari Taman Kanak-kanak sampai kelas 3 SMA. [ii]

XS
SM
MD
LG