Tautan-tautan Akses

AS

Tujuh Kandidat Capres Partai Demokrat akan Berdebat di South Carolina


Pangung debat partai demokrat di Nevada, Las Vegas, 18 Februari 2020. (AP Photo/John Locher)

Tujuh orang yang bersaing untuk menjadi calon presiden dari Partai Demokrat dalam pemilu AS mendatang akan mengikuti debat pada Selasa malam (25/2) di negara bagian South Carolina.

Senator Vermont Bernie Sanders memiliki momentum kemenangan besar pada kaukus di Nevada, Sabtu lalu. Ia juga memimpin dalam perolehan delegasi sejauh ini, yang perlu terus dipertahankannya untuk menjadi calon partai Demokrat untuk menghadapi Presiden Donald Trump pada pemilihan presiden November mendatang.

Status sebagai calon terdepan dapat membuat seorang kandidat sebagai sasaran para kandidat lainnya dalam debat. Tetapi jajak pendapat umum di South Carolina mungkin akan memusatkan perhatian pada mantan Wakil Presiden Joe Biden.

Biden berada di peringkat ketiga dalam perolehan delegasi, setelah menduduki tempat kedua di Nevada. Ini posisi terbaiknya sejauh ini sejak para pemilih mulai menentukan calon kandidat mereka bulan ini. Berbagai jajak pendapat menunjukkan Biden sebagai favorit di South Carolina, beberapa poin unggul dari Sanders.

Jajak pendapat juga menunjukkan peluang bagi miliarder Tom Steyer untuk merebut momennya dalam persaingan di partai Demokrat dengan dukungan yang sejauh ini belum terlihat. Ia belum mendapatkan satu pun delegasi sejauh ini. Jajak pendapat menunjukkan ia di posisi ketiga di South Carolina, mengungguli mantan wali kota South Bend, Indiana, Pete Buttigieg, Senator Massachusetts Elizabeth Warren dan Senator Minnesota Amy Klobuchar.

Debat Selasa ini bukan hanya kesempatan bagi para kandidat untuk meraih simpati pemilih di South Carolina, tetapi juga pada mereka di beberapa negara bagian pada 3 Maret mendatang.

Tanggal 3 Maret dianggap sebagai tanggal penting yang menentukan arah persaingan dengan pemungutan suara di 14 negara bagian selain di wilayah AS American Samoa. Seluruhnya ada 1.357 delegasi yang akan diperebutkan, sementara di South Carolina ada 54 delegasi. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG