Tautan-tautan Akses

Tuduhan Resmi Pemakzulan Trump Diajukan Senin


Ketua DPR Nancy Pelosi saat konferensi pers di Capitol Hill di Washington, Kamis, 21 Januari 2021. (Foto: AP/Susan Walsh)
Ketua DPR Nancy Pelosi saat konferensi pers di Capitol Hill di Washington, Kamis, 21 Januari 2021. (Foto: AP/Susan Walsh)

Pemimpin Mayoritas Demokrat, Chuck Schumer, Jumat (22/1), mengatakan Ketua DPR AS, Nancy Pelosi akan mengirim tuduhan resmi pemakzulan terhadap Donald Trump ke Senat pada Senin (25/1). Senat akan memulai persidangan, di mana mantan presiden tersebut dapat didakwa karena menghasut huru-hara mematikan di gedung Capitol AS.

Demokrat menolak permintaan Pemimpin Minoritas Senat Republik, Mitch McConnell untuk menunda sidang pemakzulan Trump hingga bulan depan dengan alasan, tim hukum Trump memerlukan lebih banyak waktu untuk mengembangkan strategi pembelaan.

Trump adalah presiden AS pertama yang dua kali dimakzulkan dan yang pertama diadili setelah selesai menjabat. Schumer tidak mengatakan kapan persidangan pemakzulan kedua Trump akan dimulai, tetapi jika ia dinyatakan bersalah atas tuduhan tunggal "penghasutan atas kekacauan", maka ia bisa dilarang memegang jabatan lagi di kantor federal.

Dakwaan itu memerlukan setidaknya 17 suara Senat Republik, tetapi hingga kini hanya segelintir Republik yang menunjukkan akan menghukum Trump, dan sebagian besar mempertanyakan keabsahan mengadili presiden yang telah berakhir masa jabatannya. Partai Republik juga mengeluhkan persidangan akan memecah belah dan mengganggu pemerintahan Biden yang baru. [ps/ah]

XS
SM
MD
LG