Tautan-tautan Akses

Tuai Protes Selebriti, Oscars Batal Hilangkan 4 Kategori dari Siaran Langsung


Papan iklan Oscars yang dipajang di Dolby Theatre di Hollywood, Los Angeles, California (foto: dok).

Menanggapi protes dari para sineas dan selebriti Hollywood, Oscars batalkan rencana untuk menghilangkan empat kategori dari siaran langsung dengan alasan untuk kurangi durasi. Bagaimana pendapatmu?

Minggu lalu ajang penghargaan film bergengsi dunia, Academy Awards atau the Oscars yang sebentar lagi akan diselenggarakan sempat menuai kontroversi dimana sinematografer sekaligus presiden dari Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS), John Bailey, mengumumkan lewat surat edaran kepada para anggotanya bahwa akan ada empat kategori Oscars tahun ini yang diumumkan saat jeda iklan dan tidak ditayangkan langsung melalui siaran televisi, walau pidato kemenangan dari para peraih penghargaan akan tetap ditayangkan setelah jeda iklan.

Presiden Academy of Motion Picture Arts and Sciences, John Bailey, saat hadir di sebuah acara di Beverly Hills, Calif., 2 Maret 2018. (Dok: REUTERS)
Presiden Academy of Motion Picture Arts and Sciences, John Bailey, saat hadir di sebuah acara di Beverly Hills, Calif., 2 Maret 2018. (Dok: REUTERS)

Keempat kategori tersebut adalah sinematografi terbaik, penyuntingan film terbaik, film pendek terbaik, dan tata rias terbaik. Seperti dilansir melalui situs Variety.com, hal ini dilakukan agar tidak melewati batas durasi tiga jam. Tahun 2018, ajang Oscars berlangsung selama tiga jam 53 menit.

Hal ini sempat menimbulkan protes dari berbagai pihak termasuk parasineas Hollywood dan anggota AMPAS sendiri karena AMPAS seperti menganggap keempat kategori tersebut tidak penting.

“Ini sangat menyinggung seni penggarapan sebuah film. Film tidak akan ada tanpa sinematografi dan penyuntingan,” ujar Taylor McNulty, sineas AS untuk film dokumenter “The Call From the Sea,” yang menyorot kehidupan suku Bajau di Sulawesi.

Menanggapi lenyapnya empat kategori Oscars dari tayangan langsung di televisi, organisasi American Society of Cinematographers di AS kemudian menulis surat terbuka yang ditujukan kepada AMPAS dan produser acara Oscars ke-91 tahun ini.

Seperti yang dilansir di situs American Society of Cinematographers, theASC.com, “tanggapan dari rekan-rekan kami dan reaksi dari para petinggi industri atas keputusan AMPAS memperjelas bahwa belum terlambat untuk membatalkan keputusan ini.”

Sutradara, penulis, sekaligus aktor di acara pemutaran film "This Is the End" di Regency Village Theatre in Los Angeles, California 3 Juni, 2013. (Dok: REUTERS/Mario Anzuoni)
Sutradara, penulis, sekaligus aktor di acara pemutaran film "This Is the End" di Regency Village Theatre in Los Angeles, California 3 Juni, 2013. (Dok: REUTERS/Mario Anzuoni)

Surat tersebut diakhiri dengan kutipan dari aktor, produser, sekaligus sutradara Seth Rogen yang mengatakan, “Bagaimana cara yang lebih baik untuk merayakan prestasi dalam film tanpa memberikan penghormatan secara publik kepada orang-orang yang benar-benar menggarap film itu.”

Surat terbuka ini ditanda-tangani oleh sekitar 219 sinematografer, 93 sutradara, 190 sineas, 69 aktor Hollywood, yang antara lain adalah Alfonso Cuaron, Alejandro G. Iñárritu, Bradley Cooper, Emma Stone, Glen Close, Gal Gadot, George Clooney, Martin Scorsese, Streep, M. Night Shyamalan, Peter Jackson, Quentin Tarantino, dan Seth Rogen, Spike Lee.

Tak lama kemudian pihak AMPAS mengubah keputusannya lewat pengumuman yang dimuat di situs Oscars.org, dengan mengatakan bahwa seluruh kategori di ajang Academy Awards akan ditayangkan tanpa adanya penyuntingan.

Para penonton siaran langsung Oscars di televisi akan bisa melihat pengumuman dari ke-empat kategori tersebut, juga melihat para presenter membuka amplop untuk mengetahui para pemenang secara langsung. Sebelumnya, pengumuman ke-empat kategori tersebut hanya dapat dilihat melalui layanan streaming online, salah satunya di situs Oscars.org.

Film blogger asal Indonesia di California yang telah banyak menulis resensi film dan mewawancara artis-artis Hollywood, Rama Tampubolon untuk situs RamaScreen.com mengatakan bahwa keputusan yang diambil oleh pihak AMPAS sangatlah baik.

“Saya mengerti bahwa (AMPAS) mendapat tekanan untuk menaikkan angka rating, mengingat jumlah penonton acara Oscars menurun dalam beberapa tahun terakhir. Namun, dengan menghilangkan empat kategori berharga tersebut untuk mengurasi durasi bukanlah cara yang tepat, karena itu hanya akan mengurangi para penonton setia Oscars,” ujar Rama Tampubolon kepada VOA Indonesia.

Total 24 kategori akan diumumkan di ajang Academy Awards atau the Oscars yang ke-91 ini secara langsung di lebih dari 225 negara. Acara ini akan diselenggarakan tanpa pembawa acara untuk pertama kalinya dalam 30 tahun terakhir, di Dolby Theatre yang berlokasi di Hollywood & Highland Center, Hollywood, California tanggal 24 Februari 2019 pukul lima sore waktu setempat. [di]

XS
SM
MD
LG