Tautan-tautan Akses

Trump Undang Presiden Perancis Macron untuk Kunjungan Kenegaraan


Presiden Perancis Emmanuel Macron dan Ibu Negara, Brigitte Macron dijadwalkan mengunjungi Gedung Putih akhir April, 2018.

Presiden Donald Trump akan mengundang Presiden Perancis Emmanuel Macron untuk melakukan kunjungan kenegaraan ke Gedung Putih tahun ini, para pejabat di Washington mengatakan.

Trump untuk pertama kali sejak menjabat akan menjadi tuan rumah sebuah kunjungan kenegaraan. Kunjungan kenegaraan, di mana salah seorang kepala negara menjadi tuan rumah bagi lainnya, dianggap sebagai jenis kunjungan diplomatik yang paling resmi dan bergengsi. Ini menunjukkan hubungan bersahabat antara dua negara yang berdaulat.

Pasangan suami-istri Macron dijadwalkan mengunjungi Gedung Putih pada akhir April. Gedung Putih belum memberikan konfirmasi atas laporan Selasa (23/1), bahwa kunjungan itu berupa kunjungan kenegaraan.

Pada Juli tahun lalu, keluarga Macron menjadi tuan rumah pasangan Trump di Paris untuk jamuan makan malam pribadi di Menara Eiffel dan parade tahunan peringatan Bastille Day. Acara itu dianggap sebagai kunjungan yang sifatnya tidak begitu resmi, dibanding jamuan makan di istana kepresidenan.

Trump dan Macron berhasil mempertahankan hubungan mereka dan tetap bersahabat, meski terdapat perbedaan atas beberapa masalah penting, terutama mundurnya AS dari Kesepakatan Iklim Paris. [ps/jm]

XS
SM
MD
LG