Tautan-tautan Akses

Trump Undang PM India Hadiri KTT G7


Presiden AS Donald Trump dan Perdana Menteri India Narendra Modi melambaikan tangan ke arah pengunjung di Stadion Sardar Patel, di Ahmedabad, India, 24 Februari 2020.

Kementerian Luar Negeri India, Selasa (2/6), mengatakan Perdana Menteri India Narendra Modi menerima undangan dari Presiden Amerika Donald Trump untuk menghadiri KTT G-7 mendatang.

Kemenlu India, dalam pernyataannya mengatakan, Modi mengatakan kepada Trump melalui telepon bahwa India akan dengan senang hati bekerja sama dengan Amerika dan negara-negara lain untuk memastikan keberhasilan KTT G-7 mendatang.

Trump mengatakan, Sabtu (30/5), ia menunda KTT G7 hingga September KTT , dari semula yang dijadwalkan akhir Juni di Camp David, tempat peristirahatan presiden Amerika. Dia juga mengatakan ingin mengundang Australia, Rusia, Korea Selatan, dan India ke pertemuan itu. Trump menyampaikan keinginannya untuk memperluas partisipasi di luar anggota kelompok ekonomi paling maju di dunia tersebut.

"Dalam konteks ini, ia menyampaikan undangan kepada Perdana Menteri Modi untuk menghadiri KTT G7 mendatang yang akan diadakan di Amerika," kata kementerian itu.

Pernyataan Gedung Putih menyebutkan Trump dan Modi membahas pertemuan G7, respons terhadap pandemi virus corona dan masalah keamanan regional.

Menurut Gedung Putih, dalam pembicaraan tersebut, Trump mengatakan kepada Modi, Amerika akan mengirim tahap pertama 100 ventilator yang disumbangkan ke India pekan depan.

Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo dan seorang pemimpin senior Kongres telah menegur China karena perilaku intimidasi terhadap India dalam perselisihan militer di perbatasan mereka yang disengketakan.[ka/pp]

XS
SM
MD
LG