Tautan-tautan Akses

AS

Trump Tinjau Kebijakan mengenai Korea Utara


John McLaughlin, mantan direktur CIA memberikan kesaksian di depan komisi Kongres AS, mengenai ancaman nuklir Korea Utara, Rabu (1/3).

Sementara Gedung Putih meninjau kebijakan mengenai Korea Utara, pembahasan terjadi di antara mantan pejabat Amerika dan para pakar mengenai apakah perubahan rezim merupakan pilihan yang memungkinkan bagi Presiden Amerika Donald Trump dalam mengatasi ambisi nuklir Korea Utara.

Baru-baru ini Korea Utara mengancam akan melancarkan ujicoba misil balistik antar benua dan mengklaim bisa melakukan hal ini setiap saat dari lokasi manapun. Dalam kesaksian yang diserahkan kepada Komite Angkatan Bersenjata DPR minggu ini, John McLaughlin, mantan pejabat direktur CIA di bawah Presiden George W Bush mengatakan “bukan mustahil misil balistik Korea Utara meledak di suatu tempat di daratan Amerika”.

Banyak pengamat Korea Utara yakin bahwa kebijakan mantan Presiden Barack Obama “kesabaran yang strategis” gagal mencegah atau menghentikan pembangunan nuklir Korea Utara.

Senator Amerika Bob Corker dari Tennessee mengatakan kepada sidang Senat mengenai Korea Utara minggu ini bahwa meskipun Amerika meningkatkan sanksi terhadap Korea Utara “pendekatan sekarang ini tidak berhasil untuk mencegah program senjata rezim Korea Utara”. [my/al]

XS
SM
MD
LG