Tautan-tautan Akses

Trump Terima PM Yunani, Bahas Kerja Sama Militer, Energi dan Ekonomi


Presiden AS Donald Trump (kanan) menerima PM Yunani Alexis Tsipras di Gedung Putih, Selasa (17/10).
Presiden AS Donald Trump (kanan) menerima PM Yunani Alexis Tsipras di Gedung Putih, Selasa (17/10).

Presiden Amerika, Donald Trump bertemu Selasa (17/10) di Gedung Putih dengan Perdana Menteri Yunani, Alexis Tsipras untuk pembicaraan yang diduga berpusat pada kerja sama militer, keamanan energi dan investasi ekonomi.

Pernyataan Gedung Putih yang dikeluarkan awal bulan ini mengatakan, kedua pemimpin itu berusaha "meningkatkan kemitraan dan menunjukkan tekad bersama untuk mempertahankan nilai-nilai demokrasi yang sangat penting guna menjamin perdamaian dan kemakmuran di seluruh dunia."

Perundingan Trump dengan sekutu kunci itu datang saat hubungan AS dengan Turki semakin tegang, memicu pada ketidakstabilan di wilayah ini.

Kedua pemimpin itu menurut rencana akan menjawab pertanyaan wartawan setelah pertemuan, dan hal ini memungkinkan Tsipras akan ditanya tentang komentar Tsipras pada masa lalu tentang Trump.

Dalam sebuah pidato pada Maret 2016, Tsipras mengecam nominasi Partai Republik di mana Trump ditetapkan sebagai kandidat presiden partai itu.

Tetapi ketika Presiden Barack Obama mengunjungi Athena pada bulan November tahun lalu, Tsipras menunjukkan sikap lebih bersahabat terhadap Trump. [ps/jm]

XS
SM
MD
LG