Tautan-tautan Akses

Trump Tepis Laporan Bahwa Merilis Laporan Mueller akan Pojokkan Dirinya


Presiden AS Donald Trump dan Penyidik khusus Robert Mueller
Presiden AS Donald Trump dan Penyidik khusus Robert Mueller

Presiden AS Donald Trump hari Minggu (7/4) menepiskan laporan-laporan yang mengatakan bahwa merilis laporan dan temuan lengkap penyidik khusus Robert Mueller akan lebih memojokkan pihaknya dibanding kesimpulan awal bahwa Trump dan pembantunya tidak berkomplot dengan Rusia untuk membantunya menang dalam pemilu.

Kata Trump lewat Twitter: “Tampaknya, tim Bob Mueller yang beranggotakan 13 orang Pembenci Trump dan kelompok Demokrat yang marah dengan sengaja membocorkan informasi kepada pers, dan pers pembohong mengarang sendiri laporan tanpa mengutip sumber-sumber yang berwenang. Tampaknya pers yang korup dan tidak jujur tidak peduli lagi tentang hal itu!”

Jaksa Agung William Barr mengatakan ia sedang mempelajari laporan Mueller sepanjang 400 halaman, dan akan merilisnya dalam waktu dekat setelah menghapus informasi konfidensial, seperti kesaksian di muka grand jury serta laporan-laporan intelijen asing.

Akhir bulan lalu, Barr mengirim surat sepanjang empat halaman kepada DPR amerika yang mengatakan bahwa tim Mueller berkesimpulan Trump dan tim suksesnya tidak mengadakan kolusi dengan Rusia.

Namun, Barr juga mengatakan, Mueller tidak menyimpulkan bahwa Trump sebagai presiden telah menghalangi penyelidikan tentang hal itu. Pengacara Trump, Jay Sekulow mengatakan ia tidak yakin bahwa laporan lengkap penyidik khusus Mueller akan lebih merugikan Trump. (ii)

XS
SM
MD
LG