Tautan-tautan Akses

Turnbull: Trump Tegaskan Australia akan Dikecualikan dari Tarif AS


Presiden AS, Donald Trump, berbicara dalam konferensi pers bersama dengan PM Australia, Malcolm Turnbull, di Ruang Timur Gedung Putih di Washington, DC, 23 Februari 2018 (foto: AFP Photo/Saul Loeb)

Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull hari Sabtu mengkonfirmasi bahwa baja dan alumunium Australia dikecualikan dari pajak impor yang diberlakukan Presiden AS Donald Trump.

Presiden Trump menulis melalui Twitter bahwa Australia dan Amerika tengah mengupayakan kesepakatan keamanan dan Amerika tidak akan memberlakukan pajak impor terhadap Australia.

Berbicara kepada wartawan di Australia Selatan, Perdana Menteri Turnbull mengatakan sangat senang dengan keputusan tersebut. Trump menggunakan alasan keamanan nasional yang jarang digunakan untuk memberlakukan pajak impor sebesar 25 persen untuk baja dan 10 persen untuk alumunium.

Sebelumnya, hanya Kanada dan Meksiko, yang merupakan mitra Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara yang sedang dirundingkan kembali, NAFTA, yang dikecualikan dari bea pajak impor itu. [my/ds]

XS
SM
MD
LG