Tautan-tautan Akses

Trump Tawarkan Jadi Mediator India dan Pakistan Terkait Kashmir


Warga Pakistan Kashmir menyelamatkan diri dar Kota Chakoti, sekitar 5 km dari perbatasan Pakistan-India menyusul baku tembak antara India dan Pakistan di Jalur Pengawasan Pakistan Kashmir, 27 Februari 2019.

Presiden AS Donald Trump, menawarkan untuk menengahi perselisihan antara India dan Pakistan atas wilayah Kashmir yang sudah berlangsung puluhan tahun.

"Jika saya dapat membantu, saya ingin menjadi penengah," kata Trump di Gedung Putih, sewaktu menerima kunjungan Perdana Menteri Pakistan Imran Khan, Senin (22/7).

Trump mengatakan Perdana Menteri India Narendra Modi juga memintanya untuk membantu wilayah Kashmir yang disengketakan. Namun, Kementerian Luar Negeri India mengatakan PM Modi tidak mengajukan permintaan seperti itu.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri India, Raveesh Kumar, mengatakan, “Ini adalah masalah konsisten di India bahwa semua masalah luar biasa dengan Pakistan hanya dibahas secara bilateral.

"Setiap permasalahan dengan Pakistan harus mensyaratkan penyelesaian soal teroris lintas batas,” tambah Kumar.

India menuntut agar Pakistan mengambil langkah untuk membongkar infrastruktur kelompok-kelompok militan Islam yang bercokol di Kashmir. Pakistan membantah bahwa mereka mendukung kelompok-kelompok semacam itu.

Pakistan telah lama mencari penengah, yaitu AS untuk menyelesikan perselisihan Kashmir, tetapi Amerika sebelumnya mengatakan, masalah itu harus diselesaikan secara bilateral antara India dan Pakistan. [ps/ft]

XS
SM
MD
LG