Tautan-tautan Akses

Pakistan Siap Berunding Dengan India


Menteri Luar Negeri Pakistan Minister Shah Mehmood Qureshi tiba untuk sesi gabungan parlemen di Islamabad, 28 Februari 2019.

Para Menteri Luar Negeri Pakistan dan India mengadakan pertemuan tidak resmi di sela-sela pertemuan pemimpin kawasan di Kirgistan, Rabu (22/5). Pertemuan tersebut adalah kontak pertama antara kedua negara nuklir di Asia Selatan itu sejak mereka hampir berperang pada Februari lalu.

Pejabat Pakistan mengatakan, Menteri Luar Negeri Shah Mehmood Qureshi bertemu singkat dengan mitranya, Menteri Luar Negeri Sushma Swaraj, pada akhir pertemuan dua hari dari Shanghai Cooperation Organization, sebuah blok keamanan yang dipimpin China Bishkek, Kirgistan.

“Kami memberi tahu beliau (Menlu Sushma) bahwa kami ingin menyelesaikan isu-isu ini lewat perundingan,” demikian bunyi pernyataan Kemlu Pakistan yang mengutip Qureshi.

Menteri Luar Negeri India Sushma Swaraj dalam konferensi pers di New Delhi, India, 19 Juni 2016.
Menteri Luar Negeri India Sushma Swaraj dalam konferensi pers di New Delhi, India, 19 Juni 2016.

​Pejabat di New Delhi belum berkomentar, tetapi media India mengutip sumber Kementerian Luar Negeri India yang mengatakan Swaraj saling menyapa dengan Qureshi, tetapi tidak ada pertemuan di antara keduanya.

Pada pertengahan Februari, seorang pembom bunuh diri menyerang konvoi paramiliter India di Kashmir, menewaskan 40 personel keamanan. Jaish e-Mohammed, kelompok militan yang berbasis di Pakistan, dilaporkan mengklaim bertanggung jawab, sehingga memicu ketegangan di antara kedua negara. Islamabad membantah bertanggung jawab atas serangan itu.[jm]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG