Tautan-tautan Akses

AS

Trump Siap Tunjuk Hakim-Hakim Konservatif Lagi


Presiden AS Donald Trump menyaksikan pengambilan sumpah Neil Gorsuch sebagai Hakim Agung di Gedung Putih, 10 April 2017 lalu (foto: dok).

Presiden Amerika Donald Trump, yang telah mendapatkan konfirmasi atas seorang hakim konservatif untuk duduk di Mahkamah Agung, mengumumkan rencana akan mencalonkan hakim-hakim lagi untuk pengadilan yang lebih rendah.

Para pembantunya mengatakan orang-orang yang tercantum dalam daftar Trump termasuk lima calon untuk pengadilan banding Amerika, satu tingkat yang lebih rendah dari Mahkamah Agung, di mana para hakim sering memainkan peranan penting dalam menginterpretasi undang-undang Amerika. Para calon itu masih harus dikukuhkan oleh Senat Amerika.

Mahkamah Agung yang beranggota sembilan orang hanya mengadili kira-kira 70 kasus banding setiap tahun, sedangkan 60 ribu atau lebih keputusan lainnya diambil oleh para hakim banding di kawasan-kawasan di seluruh Amerika di mana mereka bertugas.

Trump menganggap konfirmasi hakim Neil Gorsuch ke Mahkamah Agung sebagai salah satu kemenangan terbesar dalam masa kepresidenannya.

Gorsuch menduduki jabatannya di Mahkamah Agung bulan lalu setelah proses konfirmasi yang sengit di mana golongan Republik di Senat dengan suara bulat mendukung pencalonannya, sedangkan kebanyakan golongan Demokrat menolaknya karena pandangannya terlalu konservatif dan di luar cara berpikir hukum Amerika yang biasa. [sp]

XS
SM
MD
LG