Tautan-tautan Akses

Konfrontasi di Senat Amerika Membayang-Bayangi Kandidat Mahkamah Agung yang Ditunjuk oleh Trump


Calon hakim MA, hakim Neil Gorsuch bersaksi di hadapan Komite Judisial Senat dalam sidang dengar di Capitol Hill, Washington, D.C., AS tanggal 21 Maret 2017 (foto: REUTERS/Joshua Roberts)

Calon yang diajukan presiden Trump untuk menduduki hakim MA, Neil Gorsuch, mendapat persetujuan dari sebuah panel Senat Amerika.

Sebuah panel Senat Amerika hari Senin menyetujui calon yang diajukan presiden Trump untuk hakim MA, Neil Gorsuch. Persetujuan ini akan dilanjutkan dengan sidang penuh Senat yang akan berjalan sengit seputar pengangkatan hakim konservatif ini.

Pihak Demokrat yang beroposisi mengatakan, mereka kini punya cukup banyak suara untuk memblokir konfirmasi Gorsuch berdasarkan aturan operasi Senat. Tetapi blok Republik yang memegang kekuasaan mayoritas mengatakan, mereka akan mengubah aturannya dan menyetujui penunjukan hakim berusia 49 tahun itu berdasarkan mayoritas sederhana.

Penentangan Demokrat terhadap Gorsuch mencapai puncaknya Senin, tetapi pihak Republik di Komite Judisial Senat melapangkan jalannya untuk nominasi penuh dengan selisih suara 11 – 9.

Demokrat mengatakan mereka sudah mengantongi 41 suara yang menentang Gorsuch, jumlah yang cukup untuk menggagalkan pengangkatan Gorsuch yang membutuhkan 60 suara. Karena itu, pihak Republik yang menguasai 52 kursi di Senat secara unilateral mengubah aturan pemungutan suara dan menyetujui penunjukan Gorsuch dengan mayoritas sederhana saja. [jm]

XS
SM
MD
LG