Tautan-tautan Akses

Trump Serukan Lagi Perdagangan Adil


Presiden Donald Trump berbicara dalam konferensi pers di pertemuan G-7 di La Malbaie, Quebec, Kanada, 9 Juni 2018.
Presiden Donald Trump berbicara dalam konferensi pers di pertemuan G-7 di La Malbaie, Quebec, Kanada, 9 Juni 2018.

Presiden AS Donald Trump, Sabtu (10/6/2018), mengatakan dalam KTT G-7 di Kanada, perdagangan antara Amerika dan negara-negara lain harus adil dan saling menguntungkan.

“Amerika telah diperlakukan secara tidak adil selama puluhan tahun dan kami tidak dapat lagi melakukannya,” kata Trump tidak lama sebelum meninggalkan Kanada menuju Singapura. Di Singapura, Trump akan bertemu pekan depan dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un.

Trump mengatakan banyak praktik perdagangan tidak adil dengan negara-negara lain sedang diluruskan dengan perlahan tetapi pasti.

Ia menyalahkan para pendahulunya atas situasi perdagangan global sekarang ini, dan menyampaikan selamat kepada para pemimpin lain karena telah berhasil mencapai kesepakatan-kesepakatan yang begitu menguntungkan negara mereka, tetapi merugikan Amerika.

Trump menegaskan semua itu sudah berlalu, dan pembicaraannya dengan para pemimpin G-7 lain akhir pekan ini membuatnya yakin bahwa mereka berkomitmen pada perdagangan yang jauh lebih adil untuk Amerika.

KTT G-7 selama dua hari di Quebec berakhir Sabtu. [ds/vm]

Recommended

XS
SM
MD
LG