Tautan-tautan Akses

Presiden Perancis Berusaha Galang Kubu Eropa untuk Hadapi Trump


Presiden Perancis Emmanuel Macron menyampaikan pidato pada pertemuan dewan menteri OECD di Paris, 30 Mei 2018. (Foto: dok).
Presiden Perancis Emmanuel Macron menyampaikan pidato pada pertemuan dewan menteri OECD di Paris, 30 Mei 2018. (Foto: dok).

Presiden Perancis Emmanuel Macron berusaha untuk memimpin kubu Eropa menghadapi Presiden Amerika Donald Trump pada KTT tujuh negara makmur G7 di Kanada.

Presiden Perancis Emmanuel Macron, Jumat (7/6) mengadakan pertemuan dengan Kanselir Jerman Angela Merkel, Perdana Menteri Inggris Theresa May, Perdana Menteri baru Italia Giuseppe Conte dan para pejabat tinggi Ui Eropa tidak lama sebelum KTT G-7 dibuka.

Ia mengatakan kepada wartawan bahwa sikap Amerika Serikat harus membuat negara-negara lain menggalang kembali kubu Uni Eropa.

Para pemimpin Eropa mengritik keputusan Amerika memberlakukan tarif yang dianggap proteksionis terhadap impor baja dan aluminium, dan keluar dari perjanjian nuklir Iran serta perjanjian iklim Paris.

Macron, sewaktu mencuit dalam bahasa Inggris, menekankan, “tak ada pemimpin yang abadi. Kita mewarisi komitmen-komitmen yang ada di luar kita. Kita menghadapinya. Begitulah kehidupan bangsa-bangsa.” [uh/lt]

Recommended

XS
SM
MD
LG