Tautan-tautan Akses

Trump: Saya Punya Kewajiban untuk Perangi Korupsi


Presiden AS Donald Trump
Presiden AS Donald Trump

Presiden AS Donald Trump dalam komentar terbarunya untuk menjelaskan permintaannya kepada pemerintahan asing untuk menyelidiki lawan politiknya, mengatakan, dia punya kewajiban konstitusional untuk memerangi korupsi.

“Ini bukan masalah politik, ini masalah korupsi. Kalau Anda lihat dan Anda baca konstitusi, dan banyak hal lainnya, saya punya kewajiban untuk meninjau korupsi. Saya punya kewajiban dan tugas,” kata Trump kepada media hari Jumat (4/10) di Gedung Putih.

Pusat perhatian dari penyelidikan pemakzulan Demokrat di DPR adalah, apa yang oleh ketua komite intelijan Adam Schiff digambarkan sebagai “sebuah pembicaraan telepon di mana Presiden mendesak sebuah kekuatan asing untuk menyelidiki pesaing politiknya, dan merugikan keamanan nasional.”

Dalam sebuah perkembangan yang berarti, Senator Republik Mitt Romney dari Utah mengirim cuitan, “dari semua yang tampak, seruan Presiden yang tidak tahu malu kepada China dan Ukraina untuk menyelidiki Joe Biden adalah salah dan buruk sekali.”

Romney, yang pernah menjadi kandidat partai Republik untuk Presiden, adalah senator pertama yang secara langsung mengkritik tindakan Trump itu. (jm/pp)

XS
SM
MD
LG