Tautan-tautan Akses

AS

Trump, Raja Saudi Sepakat Dukung Zona Aman di Suriah, Yaman


Raja Arab Saudi Salman bin Abd al-Aziz Al Saud.

Mereka juga menyatakan akan mendukung "ide-ide lain" untuk membantu pengungsi dan "pentingnya secara ketat menegakkan" kesepakatan nuklir dengan Iran.

Gedung Putih mengatakan Presiden AS Donald Trump dan Raja Arab Saudi Salman bin Abd al-Aziz Al Saud sepakat mendukung zona-zona aman di Suriah dan Yaman.

Keduanya berbicara melalui telepon hari Minggu (29/1), menegaskan kembali hubungan lama antara Amerika Serikat dan Arab Saudi.

Pernyataan Gedung Putih menyebutkan, Trump meminta dukungan raja untuk zona-zona aman, dan bahwa raja setuju.

Mereka juga menyatakan akan mendukung apa yang disebut Gedung Putih "ide-ide lain" guna membantu pengungsi yang terusir dari rumah akibat perang, dan "pentingnya secara ketat menegakkan" kesepakatan nuklir dengan Iran, yang dikecam keras Trump sebagai perjanjian yang buruk.

Dalam dua hari ini, Trump menelepon sejumlah pemimpin dunia. Ia juga berbicara hari Minggu dengan Putra Mahkota Uni Emirat Arab, Mohammed bin Zayed, dan penjabat Presiden Korea Selatan Hwang Kyo-Ahn.

Hari Sabtu, Trump berbicara dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Kanselir Jerman Angela Merkel, Presiden Perancis Francois Hollande dan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull. Trump juga berbicara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Keduanya setuju bekerja sama dalam mengenyahkan kelompok militan Negara Islam (ISIS) dan mengupayakan perdamaian di Suriah dan seluruh dunia. [ka]

XS
SM
MD
LG