Tautan-tautan Akses

AS

Trump: Rincian KTT ke-2 dengan Kim akan Segera Diumumkan


Presiden AS Donald Trump (kanan) dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dalam pertemuan pertama di Singapura, 12 Juni lalu.

Presiden AS Donald Trump mengatakan hari Rabu (26/9) bahwa pemerintahnya sedang merencanakan KTT kedua dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan akan mengumumkan rinciannya segera.

"Saya akan bertemu dengan Pemimpin Kim,” kata Trump kepada wartawan di sela-sela sidang Majelis Umum PBB di New York. Trump mengatakan tanggal dan lokasi KTT akan diumumkan segera.

Sebelumnya Rabu, Menlu AS Mike Pompeo mengatakan, ia merencanakan KTT tersebut dan itu kemungkinan akan dilangsungkan setelah Oktober.

"Kami bekerja keras untuk memastikan segala sesuatunya tepat sehingga kita bisa mencapai hasil sebanyak mungkin dari KTT itu. Tapi kami berharap itu akan segera berlangsung,” ungkap Pompeo dalam program CBS This Morning. “Mungkin Oktober, tapi lebih mungkin setelah itu.”

Pernyataan Pompeo itu muncul satu hari setelah Trump membanggakan hubungan dengan Korea Utara, dan mengatakan kepada Majelis Umum PBB bahwa hubungannya itu telah membantu meredakan ketegangan di Semenanjung Korea.

“Misil dan roket tidak lagi berterbangan ke segala arah, uji coba nuklir dihentikan, beberapa fasilitas militer dibongkar,” kata Trump.

Trump menambahkan, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan dengan Korea Utara. “Sanksi-sanksi masih berlaku hingga denuklirisasi terjadi,” katanya. (ab/uh)

XS
SM
MD
LG