Tautan-tautan Akses

Trump Janjikan KTT ke-2 dengan Kim dalam Waktu Sangat Dekat


Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dalam pertemuan pertama di Singapura, 12 Juni lalu,
Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dalam pertemuan pertama di Singapura, 12 Juni lalu,

Presiden Amerika Donald Trump mengatakan ia akan mengadakan pertemuan puncak kedua dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un “dalam waktu sangat dekat.”’

Trump, yang mengeluarkan pernyataan itu hari Senin di PBB, juga menyebut tentang “kemajuan luar biasa” yang dicapai pemerintahannya mengenai Korea Utara.

“Hubungannya sangat baik dengan Korea Utara. Kami memiliki banyak hal yang akan dibahas. Tampaknya kami akan mengadakan pertemuan puncak ke-dua dalam waktu sangat dekat,” kata Trump.

Trump menyebut tentang surat baru-baru ini yang dikirim Kim kepada Trump, di mana di dalamnya pemimpin Korea Utara itu meminta diadakan pertemuan ke-dua.

“Dan kami akan melakukan itu,” kata Trump. “Menteri Luar Negeri Mike Pompeo akan mengupayakannya dalam waktu sangat dekat. Tampaknya ini berjalan dengan sangat baik.”

Pernyataan itu muncul setahun setelah Trump memanfaatkan pidatonya di PBB untuk mengancam akan “menghancurkan sepenuhnya” Korea Utara dan menyebut Kim sebagai rocket man.

Sejak itu Trump mengubah nada ucapannya. Setelah bertemu Kim pada Juni lalu, Trump menegaskan bahwa suatu kesepakatan telah tercapai di mana Korea Utara akan meninggalkan program senjata nuklirnya.

Meskipun hubungan dengan Amerika membaik, Korea Utara diduga tidak benar-benar mengambil langkah apapun untuk meninggalkan program tersebut. [uh]

XS
SM
MD
LG