Tautan-tautan Akses

AS

Trump Puji Pejabat Jaksa Agung Whitaker


Pejabat Jaksa Agung AS, Matt Whitaker

Presiden Trump hari Jumat (9/11) memuji pengganti Jaksa Agungnya yang dipecat, tetapi juga berusaha menjauhkan diri akibat kontroversi seputar pejabat itu. Kata Trump dia baru mendengar tentang reputasi Matt Whitaker sekarang.

“Saya tidak kenal Matt Whitaker. Matt Whitaker bekerja untuk Jeff Sessions, dan dia selalu dianggap bagus dan dia masih bagus. Tetapi saya tidak kenal Matt Whitaker,” kata Trump kepada reporter di halaman Gedung Putih sebelum berangka menuju Paris.

Washington Post Kamis, mengutip sumber-sumber yang dekat dengan pejabat jaksa agung Whitaker, melaporkan dia tidak bermaksud menarik diri dari peran mengawasi penyidik khusus Robert Mueller yang sedang menyelidiki campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden 2016. Di masa lalu, dalam penampilan sebagai pribadi dia pernah mengungkapkan pendapatnya yang bernada sumbang terhadap penyelidikan Robert Mueller.

Sumber-sumber itu juga memberi tahu Post, mereka tidak yakin Whitaker akan setuju apabila Trump diberi surat perintah untuk memberi kesaksian dihadapan penyidik khusus. (jm)

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG