Tautan-tautan Akses

Trump Puji Hubungan AS-Pakistan, Tawarkan Mediasi Sengketa Kashmir 


Presiden Donald Trump bersalaman dengan Perdana Menteri Pakistan Imran Khan dalam pertemuan bilateral di sela-sela Forum Perekonomian Dunia ke-50 di (World Economic Forum/WEF) di Davos, Switzerland, 21 Januari 2020. (Foto: Reuters)

Presiden Donald Trump, Selasa (21/1/2020), bertemu dengan Perdana Menteri Pakistan Imran Khan di Davos di sela-sela Forum Ekonomi Dunia dan memuji kemajuan hubungan antara Amerika dan Pakistan.

Pernyataan AS pasca pertemuan mengatakan, kedua pemimpin sepakat melanjutkan upaya untuk mencari penyelesaian politik yang berkesinambungan pada perang di Afghanistan, yang merupakan perang terlama Amerika. Pernyataan itu juga mengatakan, pertemuan tersebut juga membahas cara-cara untuk memperluas perdagangan AS-Pakistan.

"Hubungan kami sangat baik. Bisa saya katakan tidak pernah sedekat ini dengan Pakistan," kata Trump kepada wartawan di awal pertemuannya dengan Khan.

Pertemuan ini merupakan interaksi ketiga antara kedua pemimpin sejak Trump menjamu Khan di Gedung Putih pada Juli 2019, yang menekankan menghangatnya hubungan bilateral.

"Senang bisa bersama sahabat baik saya, Perdana Menteri Pakistan," kata Trump.

Kemajuan dalam hubungan lama, erat dan bergolak, Pakistan dengan AS berasal dari kerja sama Islamabad dalam memfasilitasi perundingan damai yang sedang berlangsung antara Washington dengan pemberontak Taliban di negara tetangganya Afghanistan. [my/pp]

XS
SM
MD
LG