Tautan-tautan Akses

AS

Trump di Davos, Swiss, Jelang Dimulainya Sidang Pemakzulan


Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Forum Ekonomi Dunia, Davos, 21 Januari 2020.

Menjelang sidang pemakzulannya di Senat, Presiden AS Donald Trump kini berada di Davos, Swiss, di mana ia dijadwalkan berbicara Selasa ini (21/1) di Forum Ekonomi Dunia.

Saat kedatangannya dengan pesawat kepresidenan Air Force One di Bandara Internasional Zurich dan kemudian sewaktu mendarat dengan pesawat Marine One di Davos, Trump tidak menanggapi pertanyaan VOA mengenai apakah ia akan mengemukakan tentang perubahan iklim dalam pidato dan pertemuannya di sana.

Seusai berpidato pada Selasa pagi (21/1) dan sebelum kepulangannya ke Washington pada hari Rabu sore (22/1), Trump dijadwalkan bertemu di sela-sela konferensi itu secara terpisah dengan beberapa pemimpin dunia lainnya.

Dalam agenda Trump, menurut Gedung Putih, akan berlangsung pembicaraan dengan Presiden Irak Barham Salih, PM Pakistan Imran Khan, Presiden Konfederasi Swiss Simonetta Sommaruga, Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen, serta presiden pemerintah regional Kurdistan Nechirvan Barzani.

Tiga ribu partisipan pada acara tahunan tersebut akan dijaga oleh hampir 5.000 personel militer dan polisi. Forum ini hanya diikuti oleh para undangan.

Ratusan demonstran, sebagian mengenakan baju seperti koala untuk menyoroti kebakaran yang menghancurkan di Australia, dan yang menginginkan para pemimpin dunia di forum itu bersikap lebih agresif dalam hal perubahan iklim, menuju Davos dengan berjalan kaki melalui jalur hiking dan menumpang kereta api setelah pihak berwenang melarang lalu lintas pejalan kaki di kota di kawasan Alpen itu.

Iklim dan ancaman lingkungan lainnya berada di peringkat lebih atas daripada kekhawatiran geopolitik dan serangan siber dalam survei risiko tahunan yang diterbitkan Forum Ekonomi Dunia pekan lalu.

Trump adalah orang yang skeptis mengenai perubahan iklim tetapi ia akan termasuk jajaran pembicara utama pada konferensi itu bersama dengan aktivis lingkungan Greta Thunberg, yang akan membuka perdebatan mengenai menghindari “kiamat iklim” dua jam setelah pidato utama Trump.

Trump mengolok-olok remaja Swedia itu setelah Thunberg disebut sebagai sosok "Person of the Year 2019" oleh majalah Time. [uh/lt]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG