Tautan-tautan Akses

Trump Pilih Ahli Strategi Militer sebagai Penasihat Keamanan Nasional


Presiden Donald Trump, kanan, berbicara sementara Letjen. H.R. McMaster, kiri, menyimak pembicaraan di kediaman Trump di Mar-a-Lago di Palm Beach, Florida, Senin, 20 Februari 2017 (foto: AP Photo/Susan Walsh)
Presiden Donald Trump, kanan, berbicara sementara Letjen. H.R. McMaster, kiri, menyimak pembicaraan di kediaman Trump di Mar-a-Lago di Palm Beach, Florida, Senin, 20 Februari 2017 (foto: AP Photo/Susan Walsh)

Ahli strategi militer yang dikenal sebagai pemikir kreatif, Letnan Jenderal Angkatan Darat H.R. McMaster, sebagai penasihat keamanan nasional AS yang baru, menggantikan Michael Flynn yang dipecatnya.

Presiden Donald Trump menunjuk, Letnan Jenderal Angkatan Darat H.R. McMaster, ahli strategi militer yang dikenal sebagai pemikir kreatif, sebagai penasihat keamanan nasional AS yang baru, menggantikan Michael Flynn yang dipecatnya.

Trump mengumumkan pilihannya itu hari Senin di kediamannya di Palm Beach, Florida, dan mengatakan McMaster adalah “seorang yang sangat berbakat dan berpengalaman luar biasa. ''

Pilihan itu meningkatkan pengaruh militer dalam pemerintahan baru. Trump, yang tidak punya pengalaman militer atau kebijakan luar negeri, telah menunjukkan kecenderungan kuat untuk menempatkan jenderal-jenderal dalam kedudukan tinggi.

Dalam hal ini, ia memilih seorang perwira yang masih berstatus aktif sebagai penyeimbang kekuatan Pentagon. McMaster, yang mengenakan seragam resmi ketika pengumuman itu dikeluarkan, bergabung dengan Menteri Pertahanan Jim Mattis dan Menteri Keamanan Dalam Negeri John Kelly, keduanya jenderal pensiunan, dalam kelompok inti penasehat keamanan nasional Trump. Gedung Putih mengatakan hari Senin McMaster berencana untuk tetap bertugas aktif dalam militer.

Dia akan memimpin Dewan Keamanan Nasional yang dianggap belum bisa berfungsi dengan mulus sebagai pembantu terdekat Presiden Trump. Presiden mengatakan dia tidak percaya pada para pejabat peninggalan dari pemerintahan Obama dan lagi-lagi mengeluh tentang terjadinya kebocoran pembicaraan internal kepada wartawan.

Trump mengatakan hari Senin, bahwa pensiunan Letjen Angkatan Darat Keith Kellogg, yang selama ini menjadi pejabat sementara, sekarang akan berfungsi sebagai kepala staf Dewan Keamanan Nasional. Dia juga mengatakan akan meminta John Bolton, mantan duta besar AS untuk PBB, untuk bekerja sama dengan mereka dalam “kapasitas yang agak berbeda. '' [ps]

XS
SM
MD
LG