Tautan-tautan Akses

Trump Pertimbangkan 5 Perempuan Kandidat Hakim Agung 


Hakim Mahkamah Agung Florida Barbara Lagoa, salah satu kandidat Hakim Mahkamah Agung AS yang dinominasikan Presiden Donald Trump. (Foto: Reuters)
Hakim Mahkamah Agung Florida Barbara Lagoa, salah satu kandidat Hakim Mahkamah Agung AS yang dinominasikan Presiden Donald Trump. (Foto: Reuters)

Sejumlah sumber mengatakan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Gedung Putih, Senin (21/9), bertemu dengan satu dari lima wanita dalam daftarnya untuk menggantikan Hakim Agung Ruth Bader Ginsburg.

Ginsburg, ikon liberal, meninggal Jumat lalu dalam usia 87 tahun akibat kanker.

Trump mengatakan ia akan mengumumkan calonnya setelah pemakaman Ginsburg akhir pekan ini.

Presiden menyebut nama Amy Coney Barrett, dan Barbara Lagoa, ketika ia berbicara dengan wartawan sebelum naik helikopter Marine One. Dia tidak mengkonfirmasi pertemuan dengan Barrett. K

Kemudian, dalam sambutan di Dayton, Ohio, Trump mengatakan ia akan mengumumkan pilihannya mungkin pada hari Sabtu, tetapi mungkin sehari sebelumnya.

“(Pengganti Ginsburg) tentunya adalah orang yang brilian,” ujar presiden. "Seorang perempuan."

Barrett adalah penganut Katolik, usia 48 tahun. Lagoa, warga Amerika keturunan Kuba, usia 52 tahun, tinggal di Florida. Keduanya adalah hakim konservatif yang ditunjuk Trump untuk menjadi hakim pengadilan banding federal dalam beberapa tahun terakhir.

Presiden mengatakan kepada wartawan bahwa ia mungkin akan bertemu Lagoa akhir pekan ini kalau ia melakukan perjalanan ke Miami.[ka/ft]

XS
SM
MD
LG