Tautan-tautan Akses

AS

Trump Pertimbangkan 5 Kandidat untuk Isi Kekosongan Hakim Agung


Presiden AS Donald Trump kemungkinan akan mengumumkan calon Hakim Agung minggu ini.

Presiden AS Donald Trump pada Senin (21/9) mengatakan telah memperpendek daftar nominasi hakim Mahkamah Agung menjadi lima orang, dan kemungkinan akan mengumumkan pilihannya untuk menggantikan mendiang Hakim Ruth Bader Ginsburg pada Jumat (25/9) atau Sabtu (26/9).

Trump telah mengatakan akan menominasikan seorang perempuan. Dia juga telah mengidentifikasi tiga calon di antaranya yaitu Amy Coney Barrett, Barbara Lagoa dan Allison Jones Rushing. Ketiganya merupakan hakim berhaluan konservatif yang Trump angkat sebagai hakim pengadilan federal beberapa tahun belakangan. Trump menolak menyebut dua calon lainnya dalam sebuah wawancara dengan stasiun TV Fox News.

"Intinya adalah kami memenangkan pemilu (lalu), kami punya kewajiban untuk melakukan apa yang benar dan bertindak secepat mungkin," kata Trump. Sikap itu menepis tentangan dari pesaingnya dari partai Demokrat dalam pilpres 3 November, mantan Wakil Presiden Joe Biden. Biden berargumen bahwa penunjukan hakim seharusnya dilakukan oleh presiden yang baru.

Trump mengatakan Senat harus mengonfirmasi nominasinya sebelum pemilu yang akan berlangsung enam minggu lagi.

Hakim konservatif pilihan Trump, akan memperbesar dominasi konservatif di Mahkamah Agung menjadi 6 banding 3 hakim. Sebelumnya Trump pernah menominasikan, dan dikonfirmasi Senat, hakim Neil Gorsuch dan Brett Kavanaugh. [vm/lt]

XS
SM
MD
LG