Tautan-tautan Akses

AS

Trump: Perjanjian Bantuan bagi UKM Mungkin akan Disepakati Senin


Parkiran di sebuah ruko di Whitestown, Indian tampak sepi karena ruko-ruko tutup akibat pandemi virus corona, 15 April 2020.

Kubu Demokrat dan Republik AS hampir mencapai kesepakatan untuk menyetujui dana tambahan untuk membantu usaha kecil yang terkena dampak pandemi virus korona.

Presiden Donald Trump mengatakan, kedua faksi itu bisa menyepakati perjanjian secepatnya pada Senin (20/4), meskipun tadinya mengharapkan perjanjian disepakati Minggu (19/4).

Trump mengatakan dalam pengarahan harian di Gedung Putih bahwa faksi Republik "hampir" meraih perjanjian dengan Demokrat, dan mengisyaratkan mungkin akan ada resolusi pada Senin (20/4).

"Banyak perkembangan positif yang terjadi. Kita mungkin akan memiliki jawabannya besok," kata Presiden AS dari Partai Republik itu.

Sebelumnya, Minggu (19/4), pemimpin Demokrat di Senat Chuck Schumer mengatakan dia berharap perjanjian bisa disepakati pada Minggu (19/4) malam, meskipun dia memperingatkan masih banyak isu yang belum tuntas.

Perjanjian itu akan mengakhiri kebuntuan mengenai permintaan Trump untuk menambah $250 miliar ke program pinjaman usaha kecil menengah (UKM) yang diberlakukan bulan lalu sebagai bagian dari rencana pemulihan ekonomi virus corona sebesar $2,3 triliun. Dana itu telah habis.

Para pemimpin Demokrat ingin menyediakan lebih banyak dana bagi UKM, tapi dengan catatan kredit itu harus mencapai bisnis-bisnis di komunitas yang selama ini terpinggirkan. Mereka juga meminta lebih banyak dana bagi pemerintah negara bagian dan lokal dan rumah sakit, serta dana pangan untuk warga miskin.

Pemimpin Mayoritas Republik di Senat Mitch McConnell dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin mengatakan kepada para senator dalam lewat telepon, Minggu (19/4), bahwa dana tambahan yang diminta Demokrat untuk pemerintah negara bagian dan lokal atau bantuan pangan bagi warga miskin tidak akan masuk dalam paket itu.

Kongres berencana mengambil upaya pemulihan besar lain setelah dana UKM habis. Senator Demokrat Bob Menendez dan Senator Republik Bill Cassidy, Minggu (19/4), mengumumkan bahwa mereka akan mengumumkan secara resmi sebuah legislasi untuk mengucurkan dana sebesr $500 miliar untuk membantu pemerintah negara bagian dan lokal merespon krisis virus corona. [vm/pp]

XS
SM
MD
LG