Tautan-tautan Akses

Trump Perintahkan Pengibaran Bendera Setengah Tiang untuk Korban Covid-19


Presiden Donald Trump memegang pelindung wajah saat mengunjungi pabrik mobil Ford di Ypsilanti, Michigan, 21 Mei 2020. (Foto: AP)
Presiden Donald Trump memegang pelindung wajah saat mengunjungi pabrik mobil Ford di Ypsilanti, Michigan, 21 Mei 2020. (Foto: AP)

Presiden Amerika Donald Trump telah memerintahkan pengibaran bendera setengah tiang di semua bangunan dan monumen federal selama tiga hari ke depan untuk mengenang semua warga Amerika yang telah kehilangan nyawa karena virus corona.

Trump menyampaikan pengumuman itu pada Kamis (21/5) malam melalui cuitan di Twitter. Pada saat yang sama dia juga mengatakan bendera yang dikibarkan setengah tiang pada Senin (18/5) juga untuk menghormati para prajurit “yang telah mengorbankan nyawa bagi bangsa kita” sementara Amerika memperingati Hari Pahlawan.

Sementara itu, jaksa agung Michigan mengatakan Trump mungkin tidak akan diundang kembali ke negara bagian itu jika ia menolak untuk mengenakan masker di depan publik.

Trump, Kamis (21/5), mengunjungi pabrik mobil Ford di dekat Detroit yang telah diubah menjadi pabrik untuk membuat ventilator.

Seluruh eksekutif Ford yang mendampingi Trump ketika meninjau pabrik itu mengenakan masker. Namun, Trump, seperti yang selalu dia lakukan, menolak untuk memakainya.

Jaksa Agung Michigan Dana Nessel mengatakan bahwa bukan hanya kebijakan Ford Motors bahwa semua pengunjung pabrik menggunakan masker, tetapi itu juga merupakan hukum negara bagian.

“Dia akan diminta untuk tidak kembali ke fasilitas dalam bangunan di negara bagian Michigan. Kami harus mengambil tindakan” terhadap perusahaan mana pun yang mengizinkannya pada kemudian hari,” kata Nessel. [lt/ft]

XS
SM
MD
LG