Tautan-tautan Akses

Trump: Perbatasan Buruk Jauh Lebih Merugikan Dibanding Penghentian Operasi Pemerintah


Presiden Amerika Donald Trump
Presiden Amerika Donald Trump

Presiden Amerika Donald Trump hari Minggu (13/1) mengatakan “perbatasan dengan Meksiko yang rusak parah jauh lebih buruk” dibanding dampak penghentian sebagian operasi pemerintah federal yang kini memasuki hari ke-23.

“Membangun Tembok di Perbatasan Selatan akan menurunkan tingkat kejahatan di seluruh Negara!” cuit Trump di Twitter.

Sekitar 800 ribu pekerja federal tidak menerima gaji mereka hari Jum’at lalu (11/1) karena berlanjutnya penghentian seperempat operasi pemerintah federal. Hal yang membuat hal ini berlanjut adalah perselisihan diantara Presiden Trump dan Kongres, dimana Trump bersikeras menuntut lebih dari lima miliar dolar untuk membangun tembok di sepanjang perbatasan selatan Amerika-Meksiko yang mencapai 3.200 kilometer, yang menurutnya penting untuk mencegah terjadinya imigrasi ilegal.

Hingga Minggu siang tidak ada isyarat akan adanya upaya menyelesaikan perselisihan itu. Sementara Kongres tidak akan mengadakan pertemuan apapun hingga hari Senin (14/1).

“Saya ada di Gedung Putih, menanti,” ujar Trump. “Demokrat ada di mana-mana kecuali di Washington, ketika orang menunggu gaji. Demokrat bersenang-senang dan bahkan tidak berbicara,” cuitnya.

Trump mengolok-olok sekitar 30 anggota faksi Demokrat di Kongres yang terbang ke Puerto Rico di Kepulauan Karibia untuk melakukan pertunjukan amal Broadway terkenal “Hamilton.”

Trump baru-baru ini juga menyalahkan Partai Demokrat terhadap penghentian sebagian operasi pemerintah federal, atau yang dikenal sebagai “government shutdown.” Padahal sebelum hal ini terjadi pada 22 Desember lalu, Trump mengatakan “saya akan dengan bangga mengatakan saya yang melakukan penghentian sebagian operasi pemerintah ini.’’

Sejumlah layanan pemerintah telah dihentikan, sementara sebagian besar museum dan taman ditutup.

Pemandu acara di Fox News Talk hari Sabtu (12/1) menanyakan kepada Trump mengapa ia tidak memberlakukan kondisi darurat untuk membangun tembok di perbatasan selatan Amerika-Meksiko tanpa persetujuan Kongres sebagaimana yang diisyaratkannya pekan lalu. Trump mengatakan ia ingin memberi kesempatan pada Kongres untuk merundingkan suatu kesepakatan. “Saya ingin memberi kesempatan untuk melihat apakah mereka dapat bertindak secara bertanggungjawab,” ujar Trump. (em)

XS
SM
MD
LG