Tautan-tautan Akses

AS

Trump : 'Pengelolaan Hutan yang Buruk' Timbulkan Kebakaran Hutan di California


Presiden Amerika Serikat Donald Trump disambut oleh Presiden Perancis Emmanuel Macronthe di Istana Elysee, Paris (10/11).

Presiden Amerika Donald Trump hari Sabtu ini (10/11) sedang berada di Perancis, tetapi tidak menghentikannya untuk mencuit di Twitter menyalahkan pejabat-pejabat California terhadap kebakaran hutan di negara bagian itu. Ia mengatakan kebakaran itu merupakan akibat “pengelolaan hutan yang buruk” dan mengancam akan menahan bantuan federal untuk mengatasi kebakaran itu. Presiden tidak menyebut soal kondisi kekeringan sangat parah yang sering dialami hutan-hutan di negara bagian itu.

“Tidak ada alasan terhadap terjadinya kebakaran hutan yang besar, yang menelan korban jiwa dan menghabiskan anggaran di California kecuali karena pengelolaan hutan yang begitu buruk. Miliaran dolar telah dialokasikan setiap tahun, tetap saja banyak yang meninggal, ini semua karena pengelolaan hutan yang buruk. Perbarui sekarang atau tidak ada lagi anggaran federal untuk mengatasinya!”

Aparat California : Sedikitnya 9 Tewas, Lebih dari 6.400 Rumah Terbakar

Aparat penegak hukum di California Utara hari Jumat (9/11) mengatakan sedikitnya sembilan orang meninggal dalam kebakaran hutan di salah satu dari tiga negara bagian, yang sejauh ini telah melalap lebih dari 6.400 rumah dan mendorong evakuasi secara besar-besaran.

Kantor polisi distrik Butte mengatakan para korban umumnya ditemukan meninggal di dalam mobil atau di luar kendaraan mereka ketiak berupaya meninggalkan Paradise, satu kota pegunungan di utara Sacramento. Sebagian besar Paradise sudah hancur total dan memaksa ribuan warga meninggalkan rumah mereka.

Hingga hari Jumat (9/11) kebakaran itu sudah melalap 6.453 rumah dan lebih dari 260 bangunan komersil, dan meluas menjadi 362 kilometer per segi. Kebakaran yang terjadi sejak Kamis (8/11) itu meluas dengan sangat cepat pada hari Jumat, sementara para petugas pemadam kebakaran baru berhasil memadamkan sekitar lima persen dari seluruh kebakaran hutan. [em]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG