Tautan-tautan Akses

Trump: Pemerintah AS akan Biayai Garda Nasional


Presiden Donald Trump memberikan keterangan kepada pers di Gedung Putih, Washington, D.C., 22 Maret 2020.

Presiden Donald Trump mengarahkan pemerintah federal untuk membiayai upaya-upaya mengatasi virus corona yang dilakukan Garda Nasional yang diaktifkan di bawah komando gubernur negara-negara bagian.

Dalam konferensi pers di Gedung Putih, Minggu sore (22/3), Trump secara khusus menyebut California, New York dan Washington, yang paling terpukul oleh wabah corona sejauh ini. Ia juga mengatakan pasukan Garda Nasional akan membantu mendirikan pos-pos kesehatan dan membagikan ratusan ton masker, baju rumah sakit, respirator dan pasokan lainnya. Trump telah menyetujui deklarasi bencana besar untuk ketiga negara bagian itu.

Sejumlah gubernur, termasuk Andrew Cuomo dari New York, telah meminta Gedung Putih untuk menasionalisasi upaya-upaya medapatkan pasokan medis. Mereka mengeluh karena harus bersaing satu sama lain untuk mendapatkan pasokan yang tersedia.

“Saya pikir pemerintah federal harus memerintahkan pabrik-pabrik untuk memproduksi masker, baju rumah sakit, ventilator, perangkat medis penting yang akan menentukan hidup dan mati,” kata Cuomo dalam konferensi pers hari Minggu (22/3) di Albany. “Tidak sulit membuat masker dan perangkat perlindungan pribadi, tetapi perlu ada perusahaan yang membuatnya.”

Trump mengatakan rumah sakit apung Angkatan Laut, Mercy, akan dikerahkan di lepas pantai Los Angeles, dan kapal lainnya, Comfort, akan dikirim ke Pantai Timur dalam beberapa pekan, kemungkinan besar akan berlabuh di Pelabuhan New York.

Ketua satgas virus corona Gedung Putih, Wakil Presiden Mike Pence, mengatakan, semua laboratorium komersial di Amerika Serikat harus menjadikan tes virus corona bagi pasien rawat inap sebagai prioritas mereka.

Pence mengatakan sejauh ini telah 254 ribu orang Amerika yang dites, dan bahwa tes baru yang hasilnya keluar dalam waktu sekitar 45 menit akan siap pada akhir pekan mendatang.

Hingga Minggu malam (22/3), ada sekitar 34 ribu kasus terkonfirmasi dan 450 kematian akibat virus corona. [uh/ab]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG