Tautan-tautan Akses

AS

Trump Pecat Pejabat Keamanan Siber


Direktur Badan Keamanan Infrastruktur dan Keamanan Siber AS, Chris Krebs, dalam konferensi pers di Arlington, Virginia, 6 November 2018. Krebs dipecat dari jabatannya, Selasa, 17 November 2020, oleh Presiden Donald Trump karena cuitannya tentang pilpres AS 2020. (Foto: Reuters)

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Selasa (17/11) malam, mengumumkan di Twitter bahwa ia telah memecat Direktur Badan Keamanan Infrastruktur dan Keamanan Siber (Cybersecurity and Infrastructure Security Agency/ CISA), Chris Krebs.

Trump memecat Krebs karena pernyataan Krebs baru-baru ini terkait keamanan pemilihan presiden.

Seminggu terakhir ini Krebs telah secara konsisten membantah tuduhan telah terjadinya penipuan dalam pemilihan presiden 3 November lalu, dan mencuit “atas tuduhan bahwa sistem pemilu telah dimanipulasi, 59 pakar pemilu semua setuju bahwa dalam setiap kasus yang kami ketahui, klaim ini tidak berdasar atau secara teknis tidak koheren.”

Trump, Selasa (17/11), mencuit bahwa pernyataan Krebs “sangat tidak akurat” dan menuduh telah terjadinya “ketidakwajaran dan penipuan secara besar-besaran.”

Twitter melabel cuitan Trump ini sebagai “hal yang masih disengketakan.”

Dalam cuitan berikutnya Trump mengatakan “oleh karena itu, efektif segera, Chris Krebs diberhentikan sebagai Direktur CISA.” [em/pp]

Lihat komentar (1)

XS
SM
MD
LG