Tautan-tautan Akses

AS

Trump: Pasukan AS di Afghanistan Akan Dikurangi Jadi 4 Ribu Personel


Presiden AS Donald Trump berbicara di depan pasukan AS ketika berkunjung ke pangkalan udara Bagram di Afghanistan, 28 November 2019 (foto: dok).

Presiden AS Donald Trump telah mengatakan bahwa kehadiran militer AS di Afghanistan akan dikurangi “menjadi sekitar empat hingga lima ribu” tentara pada November tahun ini.

Pernyataan Trump dalam program Axios di HBO muncul sementara Taliban Afghanistan menyatakan ketua tim perundingnya hari Senin membahas tentang keadaan proses perdamaian Afghanistan dalam telekonferensi dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo.

“Ini telah direncanakan. Kami akan mengurangi dalam waktu sangat dekat menjadi 8.000 tentara, lalu kami akan menguranginya menjadi 4.000, kami sedang merundingkannya sekarang ini. Kami telah berada di sana selama 19 tahun,” kata Trump kepada media tersebut. Presiden AS itu menolak merinci waktu persis penarikan ini, dan hanya mengatakan hal itu akan berlangsung “dalam waktu sangat dekat.”

Ketika ditanya berapa banyak tentara Amerika akan berada di Afghanistan pada hari pemilu AS November mendatang di Afghanistan, Trump mengatakan mungkin jumlahnya antara empat hingga lima ribu.

Berbicara kepada wartawan hari Sabtu, Trump juga menekankan bahwa AS akan meninggalkan Afghanistan sebentar lagi.

Militer AS memulai penarikan bertahap tidak lama setelah pemerintahan Trump mencapai kesepakatan perdamaian dengan pemberontak Taliban pada Februari lalu, untuk mengakhiri 19 tahun perang di Afghanistan, perang terlama yang diikuti Amerika. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG