Tautan-tautan Akses

Pompeo Bahas Proses Perdamaian dengan Taliban 


Orang-orang mengenakan masker untuk mencegah penularan Covid-19 melintasi dinding yang dilukis gambar Utusan Khusus AS untuk Rekonsiliasi Afghanistan Zalmay Khalizad (kiri) dan salah satu pendiri Taliban, Mullah Abdul Ghani Baradar (kanan), di Kabul, Afghanistan, 5 April 2020.

Juru bicara Taliban mengatakan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo mengadakan perundingan dengan perunding utama Taliban, Mullah Baradar Akhmad. Perundingan digelar melalui konferensi video pada Senin (3/8).

Suhail Shaheen, juru bicara Taliban di Doha mengatakan lewat Twitter bahwa hal-hal yang dibahas dalam perundingan termasuk tentang tawanan Taliban yang masih dipenjara oleh pemerintah Afghanistan.

Taliban minta supaya semua tawanan itu dibebaskan dulu sebelum mereka bersedia berunding dengan pejabat pemerintah dan pihak-pihak Afghanistan lainnya untuk mencari penyelesaian damai bagi perang yang telah berlangsung lama itu.

Pertemuan antara Pompeo dan Baradar terjadi setelah pasukan Afghanistan mengakhiri pengepungan oleh Taliban atas sebuah penjara besar di bagian Timur, di mana ratusan tahanan melarikan diri.

Dalam pertemuan pada 29 Februari lalu, Amerika sepakat akan menarik pasukannya dari Afghanistan dan menyerukan kepada pemerintah di Kabul supaya membebaskan sekitar 5,000 orang tawanan Taliban, dan Taliban akan membebaskan 1.000 tawanan pemerintah.

Pemerintah Afganistan yang mendapat tekanan Amerika, telah membebaskan sekitar 4,600 tahanan Taliban yang Namanya terdapat dalam daftar yang diajukan oleh Taliban. [ii/pp]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG