Tautan-tautan Akses

Trump : Olimpiade Khusus akan Didanai


Medali Olimpiade Khusus 2015 yang dirilis oleh Yayasan LA84 di Los Angeles, 16 April 2015.

Presiden Amerika Donald Trump mengatakan telah membatalkan keputusan Menteri Pendidikan Betsy DeVos dan beberapa pejabat lain, dan akan mendanai Olimpiade Khusus.

“Saya pernah datang ke Olimpiade Khusus. Saya pikir ini luar biasa,’’ ujar Trump kepada wartawan di Gedung Putih, Kamis (28/3).

Olimpiade Khusus memberikan kesempatan kepada atlet yang cacat fisik dan mental di Amerika dan di negara-negara lain untuk berkompetisi dalam olahraga ala olimpiade dan pertandingan lain.

Departemen Pendidikan, yang membiayai olimpiade ini, memicu kecaman luas pekan ini ketika mengumumkan akan memangkas hampir $18 juta anggaran untuk membiaya olimpiade itu sebagai bagian dari rancangan anggaran pemerintahan Trump untuk 2020.

DeVos membela pemangkasan itu dengan mengatakan meskipun ia mendukung dan menyukai olimpiade tersebut, pertandingan itu bukan program federal dan menerima sumbangan jutaan dolar dari pihak swasta dan pribadi.

Ditambahkannya, pemerintah federal tidak dapat memberi hibah pada setiap program yang layak.

DeVos, Kamis, mengeluarkan pernyataan yang mengatakan ia gembira olimpiade khusus akan tetap mendapat anggaran, dan mengatakan secara pribadi ia telah memperjuangkan agar pertandingan itu dapat didanai dan dilanjutkan.

Anggota-anggota parlemen dari kedua partai politik di Kongres mengatakan rencana pemangkasan anggaran untuk Olimpiade Khusus itu tidak akan diloloskan.

Pemerintah Trump sebelumnya telah mengusulkan penghapusan anggaran federal bagi Olimpiade Khusus pada tahun anggaran 2019, yang juga telah ditolak Kongres. [em]

XS
SM
MD
LG