Tautan-tautan Akses

AS

Trump: Modi Harapkan Massa Besar Sambut Kunjungan Trump di India


Seorang pria melukis di dinding gambar Presiden AS Donald Trump dan India Narendra Modi di Ahmedabad, India menjelang kunjungan Trump ke India (17/2).

Presiden Amerika Donald Trump mengatakan bahwa Perdana Menteri India Narendra Modi mengharapkan massa besar menyambut Trump dalam kunjungannya minggu depan.

Trump akan berada di kota Ahmedabad di Gujarat untuk menghadiri acara yang disebut “Namaste Trump,” yang berarti “Salam, Trump,” di sebuah stadion kriket.

Trump menghindari untuk menjawab pertanyaan tentang perdagangan dengan India dan mengatakan betapa dia menyukai Modi, dan menambahkan bahwa perdana menteri India itu mengharapkan sekitar 7 juta orang akan menyambutnya di jalur antara bandara dan stadion kriket.

“Stadion itu kini sedang dibangun, tapi itu akan menjadi stadion terbesar di dunia. Jadi itu akan sangat menarik,” kata Trump kepada para wartawan.

Dalam persiapan untuk kunjungan Trump, tembok batu bata sepanjang setengah kilometer telah dibangun dengan tergesa-gesa, dan para kritikus mengatakan tembok itu dibangun untuk menghalangi pandangan daerah kumuh yang dihuni oleh lebih dari 2.000 orang.

Ketegangan perdagangan antara kedua negara telah meningkat sejak pemerintahan Trump mengenakan tarif baja dan aluminium terhadap India.

Amerika menderita defisit perdagangan dengan India sekitar $25 miliar per tahun, menurut Kantor Perwakilan Perdagangan Amerika. [lt/jm]

XS
SM
MD
LG