Tautan-tautan Akses

India Umumkan Upaya untuk Bangkitkan Ekonomi yang Tersendat


Menteri Keuangan India Nirmala Sitharaman di Istana Presiden di New Delhi, India, 3 September 2017. (Photo: Reuters)

India akan menghabiskan miliaran dolar untuk membangkitkan kembali sektor pertanian, meningkatkan pembelanjaan infrastruktur untuk menciptakan lapangan kerja, dan memangkas pajak. Semua itu merupakan upaya untuk mendorong kondisi perekonominya yang tersendat, yang mencatat pertumbuhan terburuk dalam satu dekade.

"Ini adalah anggaran untuk untuk mendorong pendapatan dan meningkatkan daya beli," kata Menteri Keuangan Nirmala Sitharaman, Sabtu (1/2), di parlemen ketika anggaran 2020 dipaparkan. "Kami ingin memastikan uang ada di tangan rakyat, terutama bagi kelas menengah ke bawah."

Namun para ekonom memperingatkan bahwa pemulihan yang cepat kemungkinan tidak akan terjadi di ekonomi terbesar ketiga di Asia itu. "Saya tidak melihat ekonomi akan bangkit kembali selama sedikitnya setahun, dan bahwa itu merupakan penilaian yang terlalu optimistis," kata Santosh Mehrotra, profesor ekonomi pada Universitas Jawaharlal Nehru di New Delhi. "Situasinya masih suram."

Para analis politik mengatakan membangkitkan kembali ekonomi penting bagi Perdana Menteri Narendra Modi, yang berkuasa enam tahun lalu, menjanjikan akan meningkatkan ekonomi India dan menciptakan jutaan lapangan pekerjaan, tapi menghadapi kritikan karena memusatkan perhatian pada agenda nasionalis Hindu pada masa jabatan keduanya. [vm/ah]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.

Recommended

XS
SM
MD
LG