Tautan-tautan Akses

AS

Trump Minta Tokyo Bayar AS$ 8 Miliar Atas Penempatan Pasukan AS di Jepang


Presiden Donald Trump menemui sejumlah warga Puerto Riko korban topan, (03/10/17).

Presiden AS Donald Trump meminta Jepang untuk melipatgandakan pembayarannya untuk pasukan AS yang ditempatkan di negara Matahari Terbit tersebut. Demikian dilaporkan Foreign Policy mengutip seorang pejabat yang tidak disebutkan namanya saat ini dan seorang mantan pejabat AS lainnya.

Washington ingin Tokyo meningkatkan pembayaran tahunan untuk 54 ribu tentara AS di Jepang menjadi sekitar AS$8 miliar dari sekitar AS$2 miliar, menurut laporan Foreign Policy yang mengutip tiga mantan pejabat pertahanan yang tidak disebutkan namanya.

Perjanjian tersebut akan berakhir pada Maret 2021.

Berita yang dilansir dari Reuters tersebut mengatakan permintaan itu disampaikan kepada pejabat Jepang ketika John Bolton dan Matt Pottinger melawat ke Jepang pada bulan Juli. Pada saat itu Bolton memiliki kapasitas sebagai penasihat keamanan nasional Trump, sementara Pottinger saat itu menduduki jabatan sebagai Direktur Asia untuk Dewan Keamanan Nasional.

Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Jepang membantah laporan Foreign Policy. Menurutnya, tidak ada negosiasi AS-Jepang mengenai perjanjian baru yang telah terjadi.

Sementara perwakilan dari pemerintah AS tidak segera memberikan komentarnya.

Sejumlah negara sekutu AS berada di bawah tekanan terkait pada masalah pengeluaran pertahanan dari Washington.

Trump juga menegaskan Seoul memikul lebih banyak biaya atas kehadiran militer AS di Korea Selatan. Personil AS tersebut berfungsi sebagai pencegahan terhadap Korea Utara. Trump juga telah melayangkan sebuah gagasan untuk menarik pasukan AS dari semenanjung. [ah]

Lihat komentar (2)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG