Tautan-tautan Akses

Trump, Kim Akhiri Pertemuan Tanpa Kesepakatan


Presiden Donald Trump bertemu Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, 28 Februari 2019, di Hanoi.

Presiden Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un gagal mencapai kesepakatan mengenai denuklirisasi di Semenanjung Korea dalam pertemuan puncak di Vietnam, kata Gedung Putih, Kamis (28/2).

Padahal awalnya, baik Trump dan Kim mengungkapkan optimisme akan tercapai kemajuan dalam isu utama denuklirisasi dalam pembicaraan yang berlangsung di Ibu Kota Vietnam, Hanoi, kantor berita Reuters melaporkan.

“Kedua pemimpin membahas berbagai cara untuk mendorong denuklirisasi dan konsep berbasis ekonomi,” kata Sarah Sanders, juru bicara Gedung Putih. “Tidak ada kesepakatan yang dicapai kali ini, tapi masing-masing pihak berharap ada pertemuan berikutnya ke depan.”

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Donald Trump berbincang di taman Hotel Metropole di sela KTT AS-Korea Utara ke-2 di Hanoi, Vietnam, 28 Februari 2019.
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Donald Trump berbincang di taman Hotel Metropole di sela KTT AS-Korea Utara ke-2 di Hanoi, Vietnam, 28 Februari 2019.

Dalam pernyaatan awal, Gedung Putih mengatakan Trump dijadwalkan akan menandatangani “acara penandatanganan kesepakatan bersama,” dengan Kim pada akhir KTT.

Kedua pemimpin meninggalkan Hotel Metropole, lokasi pertemuan mereka, pada pukul 13.25 waktu setempat tanpa menghadiri jamuan makan siang bersama yang sudah direncanakan. Keduanya kembali ke hotel masing-masing.

Trump dijadwalkan mengadakan konferensi pers pada pukul 14.00 waktu setempat. [ft/ww]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG