Tautan-tautan Akses

Trump, Kim Mulai KTT ke-2 di Vietnam


Presiden AS Donald Trump (nomor dua, kiri) bersama Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un (dua dari kanan) di Hotel Sofitel Metropole, Hanoi, Vietnam, 27 Februari 2019.

Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berjabat tangan dan beramah tamah sewaktu memulai KTT ke-2 mereka yang terfokus pada usaha mendenuklirisasi Semenanjung Korea.

Kedua pemimpin saling menyapa di hadapan jajaran bendera AS dan Korea Utara, Rabu sore (27/2), di hotel Sofitel Legend Metropole di Hanoi, mengingatkan pemandangan pertemuan bersejarah pertama mereka, Juni, lalu, di Singapura.

“Sungguh sebuah kehormatan bisa berada bersama Pemimpin Kim,” kata Trump di hadapan wartawan. Berdiri di samping Kim Jong-un, sebelum pertemuan tatap muka mereka, Trump juga mengatakan, “Saya kira KTT pertama sangat berhasil, mudah-mudahan yang kedua ini bisa menandinginya atau bahkan lebih berhasil.”

Kim mengungkapkan keyakinannya bahwap pertemuan keduanya dengan Trump akan berhasil. “Saya yakin hasil yang akan dicapai kali ini akan disambut semua orang,” kata pemimpoin Korea Utara itu.

Setelah pembicaraan mereka, Trump dan Kim akan bergabung pada sebuah acara jamuan makan malam yang juga dihadari para pembantu utama mereka, termasuk Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo. [ab]

XS
SM
MD
LG