Tautan-tautan Akses

AS

Trump Kecam Puerto Rico Sementara Badai Besar Mendekat


Presiden AS Donald Trump

Presiden AS Donald Trump Rabu (28/8) menyebut teritori Amerika, Puerto Rico, sebagai salah satu tempat paling korup di dunia, sementara Badai Dorian semakin menguat dan menyasarkan pulau Karibia itu hanya dua tahun setelah badai Maria menghancurkannya.

“Sistem politik mereka rusak dan politisi mereka tidak kompeten atau korup,” demikian cuitan Trump di Twitter.

Sebelumnya pada Rabu Trump mengatakan, “kami melacak secara cermat badai tropis Dorian sementara menuju Puerto Rico. FEMA dan lain-lainnya sudah siap dan kami akan melakukan tugas dengan baik.”

Dia mengatakan kepada penduduk Puerto Rico yang berjumlah 3 juta itu “kalau pekerja bantuan pemerintah datang untuk membantu, beri mereka ucapan terima kasih, jangan seperti yang terakhir kali. Termasuk walikota San Juan yang tidak kompeten itu!”

Tump acapkali bertikai dengan walikota Carmen Yulin Cruz selama pemulihan dari badai Maria. Sementara Dorian semakin dekat, dia mengatakan kepada Trump agar “jangan menghambat” dan Puerto Rico tidak akan mengacuhkan perilakunya, dan ketidak pahamannya.”

Pulau itu berada dibawah pengamatan badai, dan pusat badai Amerika mengatakan, Dorian agak menguat dari badai tropis menjadi angin topan dengan kecepatan angin 120 kilometer per jam. (jm/em)

XS
SM
MD
LG