Tautan-tautan Akses

AS

Badai Tropis Dorian Kemungkinan Hantam Puerto Rico


Awan tebal menyelimuti langit di atas Gereja Paroki Santo Michael di Barbados, saat Badai Tropis Dorian bergerak menuju kawasan tersebut, Senin, 26 Agustus 2019.

Puerto Rico, yang masih berupaya pulih dari badai 2017, dalam pemantauan seksama sewaktu Badai Tropis Dorian bergerak menuju wilayah AS itu.

Para peramal cuaca memperkirakan Dorian mendekati kekuatan badai sewaktu melintasi bagian barat dan tengah Puerto Rico Rabu malam.

Gubernur Puerto Rico Wanda Vazquez telah mengumumkan keadaan darurat, memperingatkan kemungkinan tanah longsor, banjir bandang, dan pemadaman listrik.

Vasquez juga menghargai keputusan Presiden Donald Trump untuk menyatakan keadaan darurat federal untuk Puerto Rico. “Ini akan memungkinkan bantuan federal tiba lebih cepat setelah Dorian melintasi kawasan kami,” katanya.

Ribuan rumah masih tanpa atap dan jalan-jalan masih rusak berat akibat Badai Maria -- badai dahsyat yang mengoyak Puerto Rico pada 2017, dan menewaskan hingga 3.000 orang.

Pusat Pengawasan Badai Nasional AS mengatakan, Dorian telah mencapai kekuatan angin 85 kilometer per jam Selasa malam, dan diperkirakan akan sedikit menguat selama Rabu siang (28/8).

Dorian diperkirkan akan bergerak mendekati Kepulauan Turks dan Caicos Kamis malam, dan Kepulauan Bahama pada Jumat. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG